Jumat, 13 Januari 2017

Ciri ciri Penyakit Gula Pada Kaki

Ciri-Ciri diabetes kering



karena sama-sama diabetes, sebenarnya antara ciri-ciri dari penderita diabetes kering dan basah tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah sejumlah ciri dari diabetes kering yang akan dialami oleh penderitanya.

  • Buang Air Kecil Lebih Sering



Saat seseorang terkena diabetes kering, salah satu tanda yang paling kelihatan adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat dan ini biasanya dipicu oleh adanya produksi berlebih glukosa yang ada di dalam tubuh. Ketika hal seperti ini terjadi, akhirnya fungsi ginjal pun terganggu dan kinerjanya menjadi tidak maksimal. Buang air kecil yang lebih sering ini adalah gejala yang akan lebih sering terjadi saat Anda tidur di malam hari dan mengharuskan Anda untuk bangun berkali-kali.

Mungkin Anda mengira bahwa gejala ini adalah tanda bahwa buang air kecil Anda prosesnya terlalu lancar, karena Anda akan mengeluarkan dalam jumlah yang banyak. Namun ketika ini terjadi setiap malam sampai Anda tidak bisa tidur dan terkena gangguan tidur, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk perubahan frekuensi buang air kecil.

  • Dehidrasi



Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana Anda akan menjadi sering merasa haus dan tenggorokan selalu terasa kering. Sering merasa haus memang tidak selalu menjadi ciri-ciri dari penyakit diabetes karena orang yang cepat haus bisa jadi juga merupakan tanda Anda akan kena flu. Lihat-lihat juga apakah Anda merasakan atau mengalami adanya gejala lainnya, maka Anda memang kemungkinan menderita diabetes kering.

Dehidrasi dapat terjadi karena hilangnya air pada tubuh kita cukup banyak dan air ini hilang sebab tubuh menggunakan cairan dalam tubuh untuk menghancurkan gula dalam darah; maka segera periksakan ke dokter agar tidak menjadi serius. Dehidrasi juga dapat dipicu oleh adanya jumlah glukosa yang terbuang melalui seringnya buang air kecil yang tidak ada proses penyaringan seperti sebagaimana seharusnya.

  • Kesemutan



Bila tidak ada masalah lalu Anda merasa tiba-tiba kesemutan dan kesemutan ini kerap terjadi di bagian tangan serta kaki yang juga dikenal dengan istilah neuropati. Ketika Anda merasa kesemutan, ini berarti sistem saraf telah terkena kerusakan secara bertahap dan kerusakan ini disebabkan oleh glukosa. Neuropati sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan umum untuk menggambarkan keadaan yang berhubungan langsung dengan fungsi saraf yang terganggu.

Kadar gula darah yang begitu tinggi di atas normal-lah yang membuat pembuluh darah kapiler menjadi rusak dan terganggu. Kesemutan ini akan diawali dengan rasa seperti Anda tengah kehilangan rasa sehingga saat menyentuh maupun disentuh sesuatu atau seseorang maka Anda tidak akan merasakan apa-apa seperti kondisi seharusnya. Sering kesemutan berisiko lebih parah, yaitu keadaan di mana mati tangan dan kaki akan mati rasa sama sekali.

  • Mudah Lelah


Cepat lelah memang bukanlah menjadi gejala diabetes karena para penderita anemia atau kurang darah pun akan mengalami keadaan seperti ini. Gula darah atau glukosa adalah yang seharusnya mengalami perubahan menjadi energi dan energi tersebutlah yang membuat Anda selalu aktif dan bersemangat. Hanya saja, dikarenakan berlebihnya jumlah produksi glukosa, kinerja pankreas pun akhirnya tidak maksimal sehingga glukosa pun akhirnya malah diubah oleh hormon insulin menjadi lemak.

  • Mudah Lapar



Mudahnya seseorang menjadi lapar bisa juga dikarenakan mengidap diabetes kering yang tidaklah ia sadari. Rasa lapar akan terus melanda meskipun Anda sudah makan dan penjelasan untuk kondisi ini adalah karena adanya peningkatan glukosa yang penyalurannya terhambat ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh. Jadi selain menjadi sering haus, Anda juga akan menjadi lebih sering merasa lapar.
Baca juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar